Suasana ketika sedang melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api memang saat ini sydah jauh lebih nyaman dan menyenangkan. Saat ini, kereta api sudah memiliki jam keberangkatan dan jan kedatangan yang tepat, sehingga akan lebih memudahkan dalam pengaturan waktu perjalanannya. Nah, varuasi jam keberangkatan hingga tengah malam ini tentunya bisa menjadi pilihan bafu calon penumpang. Nah, bagi Anda yang genar menggunakan kereta api saat melakukan perjalanan tentunya sudah tidak asing dengan kursi kereta. Anda bisa memilih kursi pada gerbong kereta api dengan menggunajan aplikasi KAI Access. Agar perjalanan lebih terasa menyanangkan, berikut ada beberapa tips memilih kursi yang nyaman ketika traveling :

1. Jarak Kursi Terhadap Bordes

Bordes merupakan ruangan yang berada pada ujung gerbong untuk naik turunnya penumpang. Ruangan ini pun menjadi akses untuk keluar masuk antar gerbang. Bordes menjadi salah satu hal yang harus dihindari karena merupakan salah satu sumber masuknya suara dari luar gerbong apabila pintu terbuka.

2. Getaran dalam Gerbong

Getaran pada gerbing akan semakin melemah pada posisi gerbong bagian tengah. Getaran yang paling terasa adalah pada kursi yang berada di ujung gerbong atau pada kursi dekat bordes. Untuk itu, PT KAI membagi menjadi 4 kelas kursi di dalam gerbong berdasarkan posisinya dalam gerbong.

3. Perhatikan Kode Kelas Kursi dalam Gerbong

Bila Anda melakukan pemesanan tiket kereta api secara online, maka pda beberapa kereta jarak jauh akan muncul jenis kelas gerbong yang diikuti dengan kode kursi pada bagian belakangnya. Kode kelas kursi ini memiliki harga yang berbeda-beda, kecuali pada hari-hari tertentu yang telah ditentukan oleh PT KAI atau ketika sedang ada promo.

4. Posisi Gerbong ke Lokomotif

Lokomotif dan gerbong makan memiliki suara yang cukup mengganggu kenyamanan. Terlebih ketika Anda sedang melakukan perjalanan jauh. Pada umumnya, posisi lokomotif berada di ujung rangkaian kereta api, sedangkan lokomotifnya berada di tengah rangkaian kereta api.

5. Posisi Kursi Terhadap Koridor

Kursi yang dekat dengan jendela berarti dekat dengan dinding dan colokan listrik. Itu artinya, Anda bisa lebih mudah untuk bersabdar dan mengisi daya ponsel. Sementara kursi yang dekat dengan koridor akan lebih mudah untuk mengakses koridor.

Setelah memahami letak dari kursi kereta api, tentunya Anda bisa memiliki pandangan akan memilih kursi kereta sebelah mana. Semoga tips memilih kursi tiket kereta Semarang Surabaya ini membantu.

By Lukman